Ridwan Kamil Sebut Digital dan Energi Terbarukan Bikin Indonesia Jadi Negara Superpower

Los Angles, Amerika Serikat, AYI (1/10/2023) –Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, hadir dalam Global Conference 2023 di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam konferensi internasional itu, ia menyebut Indonesia berpotensi jadi negara Superpower.

Ridwan Kamil mengungkapkan, Indonesia bisa menjadi negara superpower berkat peran digital dan energi terbarukan. Syaratnya, kedua sumber daya itu harus terus dikembangkan.

Bahkan, kata Ridwan Kamil, Indonesia bisa mengalahkan sumber daya minyak bumi dan gas alam negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi, yang kini jadi primadona ekonomi.

“Digital dan Energi Terbarukan adalah kunci ekonomi Indonesia menjadi superpower dunia. Digitalisasi di seluruh lini kehidupan adalah kunci,” kata Ridwan Kamil.

“Jika hari ini Saudi Arabia adalah primadona di rezim ekonomi energi minyak dan gas bumi. Di masa depan Indonesia akan jadi primadona di rezim ekonomi energi terbarukan,” lanjutnya.

Terkait energi terbarukan, Ridwan Kamil menyebut jika panas matahari, air mengalir, panas bumi dan angin di Indonesia bisa menghasilkan 400-an GW energi.

Jumlah tersebut membuat Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara superpower dunia kelak.

“Semoga mimpi Indonesia negara superpower dunia bisa terwujud di saat saya masih hidup di dunia ini. Aamin,” jelas Ridwan Kamil.

Sementara itu, Global Conference 2023 digelar oleh Milken Institute, sebuah wadah pemikir ekonomi independen yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Global Conference 2023 mempertemukan para pemikir terbaik di dunia untuk mengatasi tantangan-tantangan yang paling mendesak dan merealisasikan peluang-peluang yang paling menarik.

Beberapa pembahasan di Global Conference 2023 ini yakni terkait terapi gen hingga energi terbarukan, AI hingga infrastruktur, dan DEI hingga FinTech.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular