Menparekraf RI Jajaki Kolaborasi Parekraf dengan Pemerintah Negara Bagian Victoria Australia

Melbourne, Australia, AYI (22/2/2024) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menemui sejumlah pejabat Negara Bagian Victoria, Australia, untuk membahas dan menjajaki potensi kerja sama parekraf, terutama di bidang event antara Indonesia dengan Negara Bagian Victoria.

Di sela kunjungan kerjanya ke Melbourne, Australia, Selasa (20/2/2024) waktu setempat, Menparekraf Sandiaga menemui Menteri Pariwisata, Olahraga, dan Event Utama Negara Bagian Victoria, Steve Dimopoulos dan Bendahara Negara Bagian Victoria, Tim Pallas di The Parliament of Victoria. Dalam pertemuan ini, Menparekraf Sandiaga menyampaikan, Australia merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan mancanegara yang cukup besar ke Indonesia, sehingga Indonesia memiliki misi khusus untuk dapat mengoptimalkan potensi ini semaksimal mungkin seiring dengan upaya memperkuat hubungan kerja sama kedua negara.

“Kedatangan kami ke sini untuk menjalin beberapa peluang kolaborasi dalam upaya mencapai 1,3 juta kedatangan wisatawan Australia ke Indonesia. Selain itu, kita bisa melihat ada banyak event internasional di Melbourne seperti balap F1, Grand Slam Australia Open, dan masih banyak event budaya dan bisnis yang diselenggarakan di sini. Jadi dalam pertemuan ini kami ingin memperkuat kolaborasi dengan Pemerintah Negara Bagian Victoria,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar di sektor parekraf, khususnya dalam penyelenggaraan event dan MICE di destinasi-destinasi wisata. Oleh karena itu, Sandiaga berharap melalui kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Negara Bagian Victoria ini mampu meningkatkan potensi parekraf kedua belah pihak seiring dengan upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisman asal Australia ke Indonesia.

“Kami percaya ada banyak hal yang bisa dicapai jika kita berkolaborasi. Menurut saya dengan menyelenggarakan event bertaraf internasional akan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara,” katanya.

Hal ini disambut baik oleh Steve Dimopoulos dan Tim Pallas, perwakilan Negara Bagian Victoria. Menteri Steve menyampaikan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam hal peningkatan potensi parekraf di bidang event.

“Kami siap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam memanfaatkan potensi ini,” ungkap Steve. Sementara itu, Tim Pallas, Bendahara Negara Bagian Victoria, mengatakan, pihaknya siap berinvestasi dan membantu pengembangan potensi parekraf Indonesia.

“Saya yakin ada banyak peluang yang bisa kita diskusikan dalam hal ini dan kami siap berinvestasi. Kami harap hal ini mampu menyukseskan pengembangan sektor parekraf Indonesia di masa mendatang,” ujar Tim.

Dalam pertemuan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu dan Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh.

Turut hadir pula Konsulat Jenderal Indonesia untuk Negara Bagian Victoria dan Tasmania, Kuncoro Waseso dan Konsul Urusan Ekonomi Konsulat Jenderal Indonesia untuk Negara Bagian Victoria dan Tasmania, Bayu Rahmat Novita.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular