Menparekraf Luncurkan Calendar of Events Gorontalo 2024

Gorontalo, AYI (29/2/2024) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Calendar of Events (CoE) yang akan digelar di Provinsi Gorontalo sepanjang 2024 sebagai upaya mempromosikan sektor parekraf di wilayah itu melalui sederet event unggulan yang diharapkan mampu meningkatkan pergerakan wisatawan.

Menparekraf Sandiaga dalam acara “Launching CoE Gorontalo 2024” di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (28/2/2024) mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo yang selalu konsisten dalam mendukung kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

“Harapannya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi ekosistem yang kuat yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat Gorontalo dengan target secara nasional 4,4 juta lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Dari Calender of Events Gorontalo 2024 yang diluncurkan, tercatat sebanyak tiga event terpilih menjadi bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kemenparekraf. Yakni Gorontalo Karnaval Karawo, Festival Pesona Danau Limboto, dan Festival Pesona Pohon Cinta.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan alasan kurator memilih tiga event tersebut sebagai event nasional. Dimana Gorontalo Karnaval Karawo sudah menjadi daya tarik wisman yang sekarang menjadi ikon Gorontalo.

Kemudian, Festival Pesona Pohon Cinta terpilih karena adanya keterlibatan masyarakat yang luar biasa dalam mempersiapkan event yang akan berlangsung sepanjang tahun 2024.

“Sementara, Festival Pesona Danau Limboto terkait aspek lingkungan. Kita harus pertahankan ekosistemnya. Jadi itu alasan kurator memilih tiga festival ini sebagai festival terbaik yang masuk menjadi KEN di 2024,” ujar Sandiaga.

Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya menyampaikan bahwa penyelenggaraan event ini akan menjadi ajang untuk memamerkan dan mempromosikan karya seni dan produk kreatif lokal dengan harapan ada perputaran ekonomi secara inklusif.

Di sisi lain penyelenggaraan event ini dapat semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui kolaborasi lintas daerah.

“Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan bakat dan potensi kreatif mereka. Tentunya menjaga marwah budaya lokal agar tetap lestari,” kata Ismail.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhem Yono; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; dan Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Fahmi.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular