Menkes Terima Penghargaan Angka Nitisastro dari ITS

Jakarta, AYI (5/3/2024) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima penghargaan Angka Nitisastro dari Institut Negeri Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya atas kontribusinya dalam menangani pandemi COVID-19 dan membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih kuat serta tangguh.

Pada penyerahan penghargaan yang berlangsung di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (4/3), Menkes Budi menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Menurutnya, berbagai capaian penting yang diraih oleh Kemenkes saat ini merupakan kontribusi hebat dari berbagai pihak, termasuk seluruh insan Kemenkes.

“Saya ucapkan terima kasih. Saya rasa ini jasa teman-teman Kemenkes juga,” kata Menkes.

Menkes mengatakan semua hal yang telah dilakukannya selama menjabat sebagai Menteri Kesehatan merupakan bagian dari tugas dan kewajiban dari Presiden Joko Widodo. Menkes menambahkan, ia harus menuntaskan tugas dan kewajiban tersebut.

Setidaknya ada 3 hal penting yang harus dilakukan, yakni melaksanakan vaksinasi COVID-19, mengatasi pandemi COVID-19, serta melakukan reformasi kesehatan yang menekankan perubahan paradigma masyarakat dari kuratif menjadi preventif agar menciptakan lebih banyak masyarakat yang sehat.

“Alhamdulillah, tugas pertama dan kedua telah kita selesaikan. Saat ini, kami sedang berfokus untuk melakukan reformasi sistem kesehatan melalui transformasi kesehatan 6 pilar yang telah dimulai sejak tahun 2021,” ucap Menkes.

Enam transformasi kesehatan itu, yakni transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi ketahanan sistem kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Rektor ITS Mochamad Ashari menjelaskan bahwa penghargaan Angka Nitisastro merupakan bentuk apresiasi keluarga besar ITS untuk memberi penghormatan atas dedikasi dan kontribusi para tokoh nasional.

Ia menjelaskan, Menkes Budi terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan karena telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk masyarakat, negara, dan ITS

“ITS ingin menyampaikan penghargaan kepada tokoh nasional yang telah memberikan kontribusi, jasa, karya maupun prestasi kepada bangsa, negara juga ITS,” kata Rektor Ashari.

Penghargaan Angka Nitisastro merupakan penghargaan bergengsi dan diberikan saat Dies Natalis ITS ke-63 tersebut, selain Menkes Budi, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, serta Rektor ITS periode 2011 – 2015, Triyogi Yuwono.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular