Mendikbudristek Beri Tunjangan Tambahan untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Jakarta, AYI (4/3/2024) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan kabar gembira bagi para guru sertifikasi dan non sertifikasi di seluruh Indonesia.

Nadiem Makarim mengeluarkan peraturan baru yang memberikan hak kepada guru sertifikasi maupun non sertifikasi untuk mendapatkan tunjangan tambahan dari pemerintah.

Tunjangan tambahan ini diberikan di luar gaji pokok yang diterima oleh para guru setiap bulan.

Tujuan dari pemberian tunjangan tambahan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, motivasi, dan kinerja para guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Ada tiga jenis tunjangan tambahan yang diberikan oleh pemerintah kepada para guru, yaitu Tunjangan Profesi Guru (TPG), Tunjangan Khusus Guru (TKG), dan Tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil). Ketiga tunjangan ini diatur dalam Permendikbudristek Nomor 45 Tahun 2023.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang ketiga tunjangan tersebut:

TPG adalah tunjangan yang diberikan kepada guru ASN yang sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah. Besaran TPG adalah satu kali gaji pokok guru yang diberikan setiap bulan.

TKG adalah tunjangan yang diberikan secara khusus oleh pemerintah kepada guru ASN yang bertugas di daerah khusus, seperti daerah terpencil, daerah tertinggal, daerah perbatasan, dan daerah rawan konflik. Besaran TKG adalah sebesar satu kali gaji pokok yang diberikan setiap bulan.

Tamsil adalah tunjangan yang diberikan kepada guru ASN yang belum mendapatkan sertifikasi guru. Besaran Tamsil adalah sebesar Rp250.000 per bulan.

Meskipun tunjangan-tunjangan ini diberikan setiap bulan, namun pencairannya dilakukan setiap tiga bulan sekali atau disebut triwulan.

Jadwal pencairan tunjangan adalah sebagai berikut:

Triwulan I dicairkan pada bulan April

Triwulan II dicairkan pada bulan Juli

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular