Kiai dan Ulama NU di Yogyakarta Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Bantul, Yogyakarta, AYI (17/1/2024) – Ratusan kiai dan ulama di Yogyakarta mendeklarasikan diri mendukung pasangan Capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden (Pilpres 2024).

Deklarasi ini digelar di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur, Dusun Ngrukem, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, DIY, Selasa (16/1/2024).

Adapun sebanyak 101 kiai dan ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang hadir ini tergabung di dalam Jaringan Ganjar-Mahfud Nusantara (Jaga-NU).

“Dengan mengharapkan ridho Allah SWT, kami para kiai, ulama, pengasuh pondok pesantren, pengasuh majelis taklim, ustaz, ustazah Madrasah Diniyah Takmiliyah, santri dan masyarakat se DIY menyatakan, mendukung dan siap memenangkan pasangan Haji Ganjar Pranowo dan Prof Haji Mahfud MD menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia pada tahun 2024,” ucap Yasin Nawawi selaku pembina forum tersebut.

Yasin Nawawi mengatakan dalam memilih seorang presiden dan wakil presiden jangan hanya karena fanatik terhadap suatu golongan, melainkan dengan dilihat dari kecakapan, sikap jujur, amanah merakyat dan agamis. Karena presiden adalah pemimpin semua rakyat Indonesia.

“Di antara capres dan cawapres yang paling memenuhi kriteria atau syarat di atas adalah pasangan Haji Ganjar Pranowo dan Prof Haji Mahfud MD. Keduanya merupakan perpaduan calon yang memiliki karakter sangat bagus antara kelembutan dan ketegasan, perpaduan antara administrator yang cakap dan penegakan hukum yang kuat,” ujarnya.

Menurutnya, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan pasangan yang pas untuk menjawab tantangan Indonesia kedepannya, untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, adil dan makmur termasuk mengatasi masalah kemunduran demokrasi yang dirasanya semakin kuat saat ini.

Selain itu, menurutnya Ganjar adalah sosok yang sederhana, seseorang yang lahir dan tumbuh dari desa. Hal ini menjadi penguat apabila Ganjar terpilih menjadi presiden akan lebih mudah memahami persoalan-persoalan rakyatnya yang tinggal di daerah pedesaan.

“Pak Ganjar lahir dan tumbuh di desa, meniti karir dari desa, saya tahu persis karena sama-sama kelahiran di Purworejo, Jawa Tengah sehingga saya waktu mudanya Pak Ganjar juga tahu banyak tentang Pak Ganjar orang yang sopan santun, yang merakyat. Apalagi dia adalah saya lihat ketika menjabat di DPR dan gubernur dia adalah orang yang cakap. Saya juga menyaksikan di Jawa Tengah Pak Ganjar punya hubungan yang erat dengan pesantren kyai-kyai pesantren,” bebernya.

Sementara itu, Yasin juga menilai sosok Mahfud MD sebagai seorang penegak hukum yang tegas dan berani. Bahkan, dirinya mengklaim sejauh ini belum ada yang seberani Mahfud MD dalam menegakkan hukum di Indonesia.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular