Billy Mambrasar Staf Khusus Milenial Presiden Asal Papua

Jakarta, AYI (24/12/2021) – Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau yang lebih akrab dengan sebagai Billy Mambrasar adalah Staf Khusus Milenial Presiden RI, Billy Mambrasar lahir 17 Desember 1988 adalah seorang pemuda asal Papua Pendiri Yayasan Kitong Bisa, yang bergerak dalam bidang pendidikan informal, menyediakan pendidikan untuk anak-anak kurang mampu dengan fokus di Papua dan Papua Barat.Billy Mambrasar menjabat sebagai salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo untuk periode kedua 2019-2024.

Billy lahir dari keluarga dengan ekonomi rendah Pulau Yapen, Provinsi Irian Jaya. Billy terlahir di keluarga yang sederhana, yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan di pasar untuk dapat bertahan hidup. Sebelum bergabung dalam Pemerintahan, Billy Mambrasar pernah bekerja sebagai seorang insiyur di Perusahaan Minyak dan Gas Inggris, yaitu: BP. Di perusahaan tersebut, Billy pernah tergabung dalam tim engineering, untuk mengerjakan proyek gas Tangguh. Billy kemudian mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut, untuk mendirikan Yayasan Kitong Bisa . Billy Mambrasar juga ada seorang pebisnis dan ikut mendirikan beberapa unit unit usaha bersama rekan-rekannya, untuk dapat mendukung operasi dari Yayasan Kitong Bisa tersebut.

Setelah memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai seorang Insinyur di BP, Billy kemudian memutuskan untuk menjadi seorang wirausawahan Sosial hingga tahun 2019. Di akhir tahun tersebut, Billy Mambrasar diangkat menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Billy sangat bersyukur kepada Tuhan dan tidak menyangka akan diangkat menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Bahkan Billy sempat menyangka kalau ia kena prank saat itu Billy lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua dari keluarga penjual kue. Billy mendapatkan beasiswa menempuh pendidikan SMA di Jayapura dari Pemerintah Provinsi Papua. Ia kemudian diterima di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. Billy pernah diundang untuk magang oleh Pemerintah Amerika Serikat dan berbicara di depan State Department AS.

Billy Mambrasar menyelesaikan gelar S1 dalam bidang teknik, dari Institut Teknologi Bandung, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Billy Mambrasar kemudian mendapatkan gelar Master dalam Bidang Administrasi Bisnis, dari The Australian National University, dan lulus dengan dinobatkan sebagai Student of the Year pada tahun 2015 dan kemudian menempuh pendidikannya di Said Business School, Universitas Oxford. Billy menjadi seorang penerima beasiswa LPDP, dari Kementerian Keuangan, untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat. Billy merupakan penerima beasiswa LPDP Angkatan PK 128. Billy adalah anak asal Papua pertama yang berhasil tembus ke Universitas Harvard, sebuah kampus yang sulit ditembus dan bereputasi sangat tinggi, serta terkenal melahirkan banyak Presiden Amerika Serikat.

Berikut ini adalah beberapa prestasi dan pengalaman berorganisasi dari Billy Mambrasar:

  • Perwakilan Indonesia untuk acara IYD sebagai bagian dari Konferensi G-20 – 2020
  • Duta SDGs Indonesia untuk Periode 2019-2021
  • Penerima LPDP – Beasiswa Indonesia Timur, PK 128 pada tahun 2017
  • Perwakilan Indonesia di Youth Assembly, Gedung Pusat PBB, New York, Amerika Serikat (2017)
  • World Islamic Economic Forum – Youth Fellow – Singapore (2016)
  • Peserta Program Fellowship dari Young South East Asian Leaders Initiative di Amerika Serikat (2015)
  • Asia Pacific Youth Organization, LAP, Indonesian Delegate, Malaysia (2015)
  • Penerima Gelar: Student of the Year di Tahun 2015 dari The Australian National University (2015)
  • Penerima Beasiswa Australia Award Scholarship – Australia (2012)

Billy Mambrasar juga adalah seorang duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG Indonesia tahun 2019-2021, ditunjuk oleh Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional BAPPENAS, dan telah diundang berbicara di berbagai forum baik Nasional maupun internasional. Dalam tugasnya sebagai Duta SDGs, Billy aktif mengadvokasi dalam acara-acara seminar nasional, maupun internasional, untuk mengurangi jumlah sampah plastik di lautan Indonesia.

Selain itu, Billy Mambrasar juga telah mengadakan berbagai pelatihan bisnis di berbagai tempat di Indonesia, untuk mendorong terciptanya pengusaha muda dari Tanah Papua yang akan membantu meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan di Tanah Papua.

Setelah ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar telah melakukan kunjungan ke lebih dari 10 kota, seperti: Meulaboh, Aceh Barat, Semarang, Jawa Tengah, Ambon, Maluku dan Sorong, Papua Barat,Jayapura, Papua. Dalam kunjungan-kunjungan tersebut, Billy Mambrasar bertemu dengan ribuan milenial, untuk mendengar aspirasi mereka, dan menjadikannya sebagai masukan untuk kebijakan pembangunan Presiden.

Billy Mambrasar juga saat ini ditunjuk oleh Presiden RI, untuk mengawasi proses pembangunan pusat pembinaan kewirausahaan di Provinsi Maluku dan Provinsi Papua yang disebut dengan Papua Youth Creative Hub Harapan dengan adanya pusat pengembangan wirausahawan muda di kedua provinsi ini, harapannya adalah adanya pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran di kedua provinsi tersebut. (AYI)

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Most Popular